Inilah 8 Cara Mengatasi Seseorang Mudah Lupa

Inilah 8 Cara Mengatasi Seseorang Mudah Lupa

“Perasaan tadi simpan HP di atas meja ruang tamu, tapi kok sekarang nggak ada yah?”

Inilah 8 Cara Mengatasi Seseorang Mudah Lupa. Mungkin Sahabat , sering mengalami hal itu dan tiba-tiba kau menemukan handphone kau di daerah tidur. Bukan handphone kau yang bisa berjalan, tapi kau yang lupa kalau sebelumnya meletakkannya di daerah tidur, bukan di meja ruang tamu.

Saat ini penyakit “lupa” bukan hanya bisa dialami oleh orang bau tanah yang daya ingatnya sudah menurun atau biasanya disebut dengan pikun, tapi juga bisa menimpa Sahabat yang umurnya masih tergolong muda. Stres, kualitas dan waktu tidur yang buruk, kurangnya asupan makanan serta stress berat menjadi beberapa penyebab kau menjadi orang yang pelupa.

Pastinya kau nggak mau kan terus-terusan jadi orang yang pelupa? Nah kali ini Toped akan memperlihatkan solusi untuk mengatasi penyakit “lupa” yang kau alami. Kira-kira ibarat apa yah caranya? Langsung cari tahu di sini yuk!

1. Jangan Pernah Abaikan Sarapan
Perasaan
Sarapan di pagi hari memang menjadi waktu makan yang paling penting karena selain sebagai sumber energi untuk tubuh, sarapan juga dapat menjaga dan mendukung perkembangan sel-sel otak biar tetap sehat. Mulailah hari kau dengan menu sehat ibarat makanan yang kaya akan protein, serat dan omega 3 ibarat kombinasi antara sandwich isi salmon dan telur dengan susu atau jus buah segar. Kamu juga bisa minum tambahan omega 3 untuk mencukupi asupan omega 3 yang diharapkan oleh sel-sel otak untuk saling terhubung dan menjalankan kinerjanya dengan baik.

2. Tidur Teratur
Perasaan
Kualitas dan waktu tidur juga besar lengan berkuasa terhadap kemampuan otak dalam menyimpan memori gres dalam waktu yang lama. Semakin singkat waktu tidur kamu, maka kemampuan otak untuk mengingat memori pun semakin melemah, begitu juga sebaliknya. Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah penelitian dengan responden orang yang tidurnya kurang dari enam jam. Saat dihadapkan dengan tes memori, hasilnya mereka mengalami kesulitan untuk mengingat memori jangka pendek.

Karena itu, jangan mengabaikan waktu dan kualitas tidur kau yah, Sahabat . Waktu tidur yang sebentar mungkin kau anggap sudah cukup untuk mengatasi kelelahan tubuh, tapi tidak untuk otak kamu. Sebisa mungkin tidurlah 8 jam sehari, atau beristirahatkan ketika kau sudah mulai merasa kelelahan, jangan paksakan badan dan otak kau bekerja secara berlebihan.

3. Merelaksasikan Pikiran
Perasaan
Penyakit “lupa” juga bisa disebabkan oleh stres karena tuntutan pekerjaan yang sudah menjadi rutinitas keseharian kamu. Nah salah satu cara biar kau bisa berhenti menjadi orang pelupa yaitu dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan di luar rutinitas ibarat berkebun, latihan meditasi dan yoga, ataupun melaksanakan olahraga-olahraga ringan setelah pulang kerja atau di hari weekend. Studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Illinois Beckman Institute juga sudah mengambarkan bahwa melaksanakan olahraga ringan secara teratur dapat mempertajam kecepatan berpikir dan meningkatkan volume jaringan otak. Mendengarkan musik-musik dengan alunan yang menenangkan sebelum tidur juga bisa membuat otak kau menjadi lebih rileks setelah seharian beraktivitas.

4. Hindari Mengunyah Permen Karet Terlalu Lama
Perasaan
Selama ini banyak orang yang menganggap bahwa mengunyah permen karet bisa meningkatkan kemampuan otak. Memang iya kalau mengunyahnya dalam waktu singkat saja. Tapi kebiasaan terlalu lama mengunyahnya sampai rasa manis pada permen karet hilang, justru akan membuat kemampuan otak untuk menyimpan memori jangka pendek semakin menurun. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Michail Kozlov, seorang pakar psikologi dari Cardiff University. Dari penelitian tersebut ia menemukan fakta bahwa mengunyah permen karena memiliki efek buruk terhadap daya ingat. Semakin hilang rasa permen karet, maka semakin parah pula dampaknya terhadap ingatan orang yang mengunyahnya.

Nah kalau nggak mau penyakit “lupa” kau semakin parah, hindari mengunyah permen karet yah Sahabat , apalagi  terlalu lama sampai rasanya hilang.

5. Buat Jadwal
Perasaan
Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi penyakit “lupa” kau yaitu dengan membuat jadwal kegiatan apa saja yang akan kau kerjakan hari ini dan juga hari-hari selanjutnya. Buatlah reminder pada kalender, handphone ataupun post it yang ditempel di layar komputer biar tidak ada satu pun pekerjaan yang terlupakan. Selain meminimalisir kemungkinan ada pekerjaan yang terlewatkan, jadwal ini juga bisa melatih kau menjadi orang yang lebih disiplin dan teratur.

6. Organize Barang-Barang Penting
Perasaan
Solusi lain untuk Sahabat yang sering lupa membawa barang-barang penting ibarat kartu ATM, STNK kendaraan beroda empat dan handphone? Niat awalnya ke mall buat belanja, tapi ketika lagi mau bayar tiba-tiba gres ingat  kalau kau nggak bawa kartu kredit atau debit, uang cash di dompet juga tinggal dikit. Pasti Sahabat nggak mau kan hal itu terjadi? Maka dari itu, biasakanlah diri kau untuk merapikan dan mengelompokkan barang-barang penting yang selalu wajib kau bawa ketika bepergian. Misalnya, selalulah simpan kartu ATM, kredit dan KTP di dalam dompet yang selalu kau bawa. Untuk STNK mobil, simpanlah pada dompet STNK yang menyatu dengan kunci kendaraan beroda empat biar tidak tertinggal ketika ingin bepergian dengan membawa mobil.

7. Latih Kemampuan Otak
Perasaan
Penyakit lupa juga bisa disebabkan oleh otak yang kurang terlatih dan jarang diasah. Untuk itu, jangan lupa untuk melatih otak biar tetap bisa bekerja secara maksimal. Kamu bisa berguru melaksanakan hal-hal yang kreatif dan permainan yang bisa mengasah kemampuan otak ibarat puzzle dan rubik. Permainan ini pastinya akan membuat otak kau jadi merasa tertantang untuk bekerja lebih dan maksimal. Dengan begitu, ketika dihadapkan dengan persoalan dan pekerjaan yang berat, otak kau sudah terbiasa.

8. Selesaikan Tugas Satu Persatu
Perasaan
Fokus yang terpecah karena melaksanakan beberapa pekerjaan sekaligus akan memaksa otak kau untuk bekerja terlalu keras, yang hasilnya bisa menurunkan kinerja otak dan daya ingat. Karena itu, buatlah pekerjaan-pekerjaan kau jadi lebih sederhana. Caranya, selesaikan pekerjaan kau satu per satu, jangan sekaligus. Dengan begitu, beban pikiran kau pastinya akan lebih ringan.

BACA JUGA => Tekanan Darah Tinggi Pemicu Pelupa

Nah kalau tidak ingin terus-terusan menjadi orang pelupa, jangan lupa untuk mempraktekkan 8 hal di atas yah, Sahabat :D

Semoga Bisa Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Obat Tradisional Penurun Panas Bayi Anak dan Dewasa

Seorang Istri Itu Tulang Rusuk, Bukan Tulang Punggung, Dia Pendamping Bukan Pembantu!

Makanan Yang Diperlukan Untuk Kesehatan Mata